Gejala DBD (Demam Berdarah Dengue) Pada Anak dan Dewasa

DB (demam berdarah) merupakan penyakit yang cukup berbahaya sekali dan di Indonesia menduduki posisi 10 besar sebagai penyebab kematian. Kondisi lingkungan tercemar menjadi alasan kuat banyaknya penderita demam berdarah di tanah air.

Oleh sebab itu, anda harus lebih waspada dengan penyakit satu ini. Namun banyak orang yang tak tau kalau dirinya sudah terserang DB. Kenali gejala demam berdarah lebih lanjut agar anda tidak menjadi penderitanya. Berikut beberapa tanda demam berdarah yang wajib anda waspadai.

Tanda-tanda Demam Berdarah Dengue (DBD) Pada Anak dan Dewasa

gejala penyakit demam berdarah
Gejala demam berdarah (DBD)

Demam sangat tinggi

Hampir semua penderita DB pasti mengalami yang namanya demam. Jenis demam ini berbeda dengan demam pada umumnya. Demam gejala DB cenderung lebih tinggi dan memiliki siklus tertentu. Maka dari itu, jangan sampai salah membedakan antara demam DB dan biasa.

Nyeri pada beberapa bagian tubuh

Seperti halnya dengan asam urat, demam berdarah pun juga mengakibatkan munculnya nyeri di beberapa bagian tubuh, terutama di bagian persendian. Misalnya seperti lutut, jari tangan, kaki dan bagian lainnya. Munculnya nyeri ini disebabkan karena virus menyerang pada bagian tulang, bahkan yang lebih buruk lagi menyebabkan peradangan.

Badan lemas dan pucat

Gejala demam berdarah selanjutnya adalah badan lemas dan pucat. Kondisi ini muncul disebabkan karena jumlah trombosit dalam tubuh menurun drastis. Apabila trombosit tetap terus turun maka akan mengakibatkan efek yang lebih serius. Misalnya seperti pingsan dan bahkan bisa meninggal mendadak.

Itulah beberapa gejala demam berdarah yang harus anda waspadai. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda dalam menjaga kesehatan.

Sumber: tanyadroid.blogspot.com

Leave a Reply