Gejala Penyakit Typus Pada Anak dan Penyebabnya

Apakah anda mencari informasi seputar gejala tipes? Tifus merupakan penyakit yang muncul disebabkan karena adanya pengaruh bakteri mikroba bernama salmonella typhosa. Bakteri ini masuk kedalam tubuh manusia melalui berbagai macam cara.

Mulai dari tinja yang terinfeksi, kencing, sampai dengan air ludah penderita tipes. Oleh karenanya, kemudian tipes dikatakan sebagai salah satu penyakit menular yang patut untuk diwaspadai. Berikut beberapa gejala typus pada anak dan orang dewasa secara umum.

Gejala Penyakit Tipes Pada Anak-anak dan Orang Dewasa Secara Umum

gejala tifus, gejala tipes, gejala types
gejala penyakit tipes pada anak

Pusing berlebihan

Pusing termasuk gejala tipes yang paling sering muncul. Perasaan pusing dapat muncul disebabkan karena adanya penegangan bagian saraf pusat. Pusing akan semakin menjadi-jadi apabila dibiarkan (tak diobati). Komplikasi pusing akibat tipes yang paling sering adalah mengakibatkan munculnya mimisan.

Demam tinggi bersiklus

Gejala tifus selanjutnya adalah demam tinggi. Demam ini bisa dikatakan berbeda dengan demam pada umumnya, meskipun sekilas memang terlihat mirip.

Demam akibat tipes memiliki siklus tersendiri, mengingat masa inkubasi virus. Mula-mula demam akan meninggi selama 3-4 hari, kemudian akan menurun seolah sembuh. Namun setelah itu akan kembali tinggi dan bahkan bisa lebih parah lagi.

Mual dan tubuh terasa lemas

Pada dasarnya jumlah trombosit dalam tubuh akibat penyakit tipes akan menurun drastis. Penurunan jumlah trombosit inilah yang kemudian mengakibatkan perasaan mual dan tubuh seakan tak bertenaga (lemas).

Jumlah trombosit yang dibawah normal apabila dibiarkan akan sangat fatal akibatnya. Beberapa komplikasi serius mungkin terjadi apabila tidak segera ditingkatkan. Misalnya seperti pingsan dan bahkan bisa serangan jantung.

 

Leave a Reply